Mau Otak Tetap Sehat? Mainlah Game

28 November 2012

print this page
send email
Mau Otak Tetap Sehat? Mainlah Game
Credit foto: Antaranews.com
Aktivitas mental seperti membaca dan menulis dapat menjaga integritas struktural dalam otak orang-orang yang lebih tua. Menurut studi terbaru yang disajikan pada pertemuan tahunan Radiological Society of North America (RSNA), mengungkap kegiatan yang membantu otak tetap sehat, termasuk aktivitas bermain game.

Dilansir Sciencedaily, Senin (26/11/2012), riset sebelumnya menunjukkan asosiasi antara aktivitas kognitif usia lanjut dan keajaman mental lebih baik. Kini, penelitian baru yang dilakukan Konstantinos Arfanakis dan rekannya dari Rush University Medical Center dan Illinois Institute of Technology di Chicago, mempelajari efek aktivitas kognitif white matter (materi putih) pada otak usia lanjut.

"Membaca koran, menulis surat, mengunjungi perpustakaan, menghadiri permainan atau bermain game seperti bermain catur adalah aktivitas sederhana yang dapat berkontribusi untuk kesehatan otak," ujar Arfanakis.

Penelitian ini menggunakan metode yang telah dikenal, yakni magnetic resonance imaging (MRI) untuk menghasilkan data pada diffusion anisotropy. Diffusion anisotropy merupakan pengukuran terkait bagaimana molekul air bergerak menelusuri otak.

Dalam white matter, diffusion anisotropy memanfaatkan air yang bergerak lebih mudah dalam arah yang sejajar dengan axons otak. "Diffusion anisotropy lebih tinggi ketika difusi terjadi di dalam satu arah, ketimbang (arah) yang lain," terangnya.

Studi ini melibatkan 152 peserta lanjut usia dari Rush Memory and Aging Project, yakni studi berskala besar yang berfokus pada faktor risiko penyakit Alzheimer. Para peserta ini memiliki rata-rata usia 81 tahun.

Peneliti meminta peserta untuk menilai pada skala frekuensi 1 sampai 5, di mana mereka ikut dalam daftar aktivitas yang melibatkan mental sejak tahun lalu. Aktivitas ini antara lain membaca koran dan majalah, menulis surat, bermain kartu serta permainan papan.[]

Msn

0 komentar:

Post a Comment