Pantai G-Land, Surga Tersembunyi di Banyuwangi

18 January 2013

print this page
send email
Masyarakat lokal menyebut pantai G-Land ini, Plengkung. Sebuah pantai yang dijuluki oleh para peselancar Barat The Seven Giant Waves Wonder (tujuh tempat surfing terbaik di dunia). Apa dan bagaimana ceritanya, mari simak artikel berikut.

Catatan Noel - Pantai G-Land, Surga Tersembunyi di Banyuwangi

Pantai Plengkung disebut G-Land karena tiga hal. Pertama, diambil dari nama Teluk Grajagan. Kedua, diambil dari kata "Green", karena terletak di tepi hutan tropis yang hijau. Ketiga, diambil dari kata "Great", karena ombaknya yang besar dan panjang.

Memang tak aneh jika disebut demikian. Ombak di pantai G-Land merupakan ombak impian para peselancar profesional. Dengan tinggi ombak mencapai sekitar 6-8 meter dan panjang lebih dari 2 km, pernah diadakan lomba selancar internasional Quicksilver Pro Surfing Championship pada 1995, 1996, dan 1997.

Catatan Noel - Pantai G-Land, Surga Tersembunyi di Banyuwangi

Bagi para surfer, bulan Juli-September adalah waktu terbaik untuk mengunjungi pantai G-Land. Saat itu, ombak di pantai ini sedang bagus-bagusnya. Ombak di pantai ini terbagi menjadi 3 tingkatan, yaitu Kong Waves (tinggi ombak mencapai 6-8 meter), Speedis Waves (5-6 m), dan Many Track Waves (3-4 m).

Sayangnya, pantai G-Land lebih terkenal di kalangan pecinta surfing dan adventure mancanegara. Masih sedikit orang Indonesia yang mengetahui informasi mengenai pantai G-Land. Padahal letaknya di Indonesia. Wisatawan kebanyakan datang dari Amerika, Brasil, dan Australia.[] 

Sumber:

0 komentar:

Post a Comment