5 Penemuan Spektakuler di Tahun 2012

21 February 2013

print this page
send email
Walaupun sudah termaktub dalam kitab suci maupun catatan sejarah, hingga kini manusia masih terus menyelidiki mengenai asal-usul kehidupannya. Hal ini dibuktikan dengan masih bergeliatnya para arkeolog untuk terus menggali fakta terpendam dari kehidupan di masa lalu. Setelah menerjemahkan artikel 8 penemuan arkeologi yang mengerikan beberapa waktu lalu, gue bakal sharing lagi 5 penemuan arkeologi spektakuler di tahun 2012. 

Gue sih mengutip postingan ini dari detikcom, tapi sudah dibahasakan ulang. Apa saja 5 penemuan arkeologi spektakuler di tahun 2012 itu? Yuk, sama-sama dibaca.

Rumah tertua di Inggris Berusia 10 ribu tahun | Pada 20 November 2012, para arkeolog mengklaim menemukan rumah tertua di Inggris berusia 10 ribu tahun. Situs itu digali di dekat Edinburg, dekat Jembatan Forth, dan diperkirakan sudah ada sejak tahun 824 masa Mesolitikum. Dalam gambar, gue cuma melihat pondasi yang belum tergali seutuhnya.

5 Penemuan Spektakuler di Tahun 2012

Penemuan makam dan tulang, yang diduga Mona Lisa | Bulan Juni 2012, para arkeolog mengklaim menemukan rangka tulang Mona Lisa. Sosok perempuan dalam lukisan Leonardo Da Vinci. Penggalian sejak akhir 2011 itu, dilakukan di kedalaman 2 meter lantai Biara Santa Ursula, Florence, Italia.

5 Penemuan Spektakuler di Tahun 2012

Mona Lisa, yang menjadi model lukisan kondang karya Leonardo Da Vinci itu pada 1504, diduga bernama asli Lisa Gherardini. Dia menikah dengan konglomerat kaya pedagang kain sutera Francesco del Giocondo. Di Italia, Mona Lisa juga diketahui sebagai La Gioconda. Mona Lisa menjadi suster di biara itu sejak 1542, pasca kematian suaminya, hingga ia tutup usia dan dikuburkan di sana.

Arkeolog akan melakukan uji karbon dan uji DNA serta membandingkan kerangka itu dengan wajah di lukisan Da Vinci.

Penemuan makam dan kerangka, yang diduga Raja Richard III di Leicester | Pada 25 Agustus 2012, para arkeolog mengklaim telah menemukan sebuah kerangka yang diduga kuat adalah Raja Richard III. Lokasi penemuan tersebut adalah parkiran di bekas gereja. Identifikasi terhadap fisik tulang, seperti bekas trauma alat berbilah (penyebab kematiannya) dan ditemukan kepala anak panah, menjadi keyakinan para arkeolog.
5 Penemuan Spektakuler di Tahun 2012

Makam dan kerangka putri kerajaan Mesir Kuno | Daily Star mengutip Mohammed Ibrahim, Menteri Purbakala, pada 2 November 2012, "Kami telah menemukan ruang muka makam Putri Shert Nebti yang terdiri dari 4 pilar batu kapur."

5 Penemuan Spektakuler di Tahun 2012

Pilar-pilar itu, imbuh Mohamed, mengandung huruf hieroglip yang menunjukkan nama dan gelar putri Mesir itu. Dalam inkripsi putri Mesir itu disebutkan 'anak dari Raja Men Salbo dan kekasihnya yang dihormati di depan Tuhan yang Maha Kuasa'.

Ruang makam itu mengandung 4 sarkofagus batu kapur yang bergambar seorang pria, seorang pria yang ditemani putranya dan 2 pria dengan seorang wanita.

Makam ini diklaim berasal dari Dinasti ke-5 sekitar 2500 SM di wilayah Abu Sir, selatan Kairo. Penemuan makam ini menandai awal dari sebuah era baru dalam sejarah lokasi makam arkeologi di Abu Sir dan Saqqara.

Makam Ratu Suku Maya | Bulan Oktober 2012, para arkeolog Guatemala berhasil menemukan makam ratu suku Maya, Ratu Kalomt'e K'abel (hidup sekitar abad ke-7). Ratu Kalomt'e K'abel adalah istri dari Raja Wak K'inich Bahlam II yang memerintah tahun 692.

5 Penemuan Spektakuler di Tahun 2012

Para sejarawan percaya bahwa Raja K'abel memerintah komunitas Maya, Calakmul yang sering berperang dengan kerajaan Tikal yang dipimpin Raja 'El Zotz' tepat di sebelah selatan perbatasan Meksiko masa kini.

2 komentar:

  1. cahyo jm8:52 PM

    wah 5 penemuan yang benar" menakjubkan sobat ,,,, alhamdulillah jadi menambah pengetahuan saia dimari.
    makasih infonya semoga makin sukses

    ReplyDelete
  2. Gendis Kairayya7:06 PM

    Iya, makasih Bang Cahyo Jm atas kunjungannya di blog sederhana ini :)).

    ReplyDelete