Garuda dan Timnas Indonesia

14 December 2010

print this page
send email
Jujur saja, aku bukan pecinta sepak bola. Melihat atau memainkan si bola bundar bukan hobiku, bahkan sama sekali tak menarik minatku. Kalaupun dunia sedang sepak bola riuh diceritakan kawan-kawan, aku hanya bisa terdiam (kasihan deh loe). Cuma sekadar nonton news di tivi bahwa ada, semacam, tindakan reaksioner dari seorang Indonesia. Yang intinya mempermasalahkan soal garuda yang dipakai di kaos timnas Indonesia.

Yah… yah… aku tahu mungkin menurut UU, hal itu tidak boleh dilakukan kan. Sebelumnya juga ada tuh produsen kaos asal luar negeri Army-army apa gitu, yang memakai gambar garuda yang sudah dimodifikasi.

Sedikit miris sekaligus sedih. Yap, aku ingin sekadar berpendapat saja bahwa garuda yang dipakai di kaos timnas Indonesia itu merupakan hal tanda bahwa kita sedang berada di gelora nasionalisme keIndonesiaan yang kuat. Di mana, dalam hal ini nasionalisme itu tertuangkan dalam gelora dunia olahraga, khususnya sepak bola. Sok tahuku lho… yang namanya gambar garuda memang sudah ada sejak dulu, sebelum ada piala AFF. Waktu kaos timnasnya masih warna merah gitu. Ah, memang orang Indonesia ini kurang kerjaan. Sukanya begitu. Ada yang maju dikit, diganjal dengan cara yang aneh.

Di AS lebih ekstrem lagi, bendera AS oleh artis-artis sono (yang pernah aku lihat itu Madonna) malah mengenakan bendera AS sebagai kolor (catat ya celana dalam). Mungkin urakan, tapi itu barangkali cara mereka mengungkapkan bahwa mereka cinta betul dengan negaranya. Lha ini kok sudah diletakkan di areal dada, dan resmi pula dari timnas, masih saja dipermasalahkan. Huff…. Capek deh…

2 komentar:

  1. Anonymous9:26 PM

    kalau betul itu salah dan masuk penjara kayaknya penjara akan penuh,,,! mungkin harus bikin penjara baru yang banyak... !

    ReplyDelete
  2. Haha... benar juga mas. Masak demi merah putih penggunaannya garuda pakai narik-narik hukum. cari2 saja orang indo itu. Yang penting indonesia menang mas... hehehe. hidup timnas indonesia..

    ReplyDelete