Refleksi Tujuanku Ngeblog

15 January 2011

print this page
send email
Saya menocba merefleksi tentang apa yang selama ini saya lakukan di dunia maya dengan mengutak-atik blog, facebook, twitter, dsb.
Motif utama dulu waktu awal nge-blog adalah melakukannya untuk kesenangan. Waktu itu akhir 2006, aku menemukan artikel menarik di majalah Hai yang mengulas tentang para penginspirasi muda yang bergerak di arus yang bertentangan. Raditya Dika tokoh yang kubaca.
Dia orang yang berhasil dalam dunia perbloggingan. Bukan dalam hal berhasil menguangkan blognya dengan iklan macam-macam (seperti google adsense dsb). Buku-bukunya, yang kebanyakan diangkat dari kisah nyatanya, merupakan hasil kristalisasi dari tulisan-tulisannya yang lucu dan 'gila' dari blognya. Dan ini yang menginspirasiku. Sebagai seorang yang punya cita-cita jadi penulis ini, aku terinspirasi. Dan mulailah praktik tulis-menulisku di blog sejak 2006.

Google Adsense
Selang beberapa lama kemudian, aku mengenal google adsense. Yap program cari duit via internet itu telah dikembangkan google waktu itu, dan gencar betul. Sampai-sampai membuatku terperangah. Tergiur pula. Sejak saat itulah aku berhubungan dengan google adsense dan tips-triknya. Hingga aku bosan karena tak kunjung mendapatkan keberhasilan dari keduanya. Tidak jadi penulis, tidak dapatkan duit. Akhirnya kutinggalkan saja keduanya -- meski tidak benar-benar hilang betul.

Belajar Ulang
Tahun 2011 ini sudah lebih dari 5 tahun saya ngeblog. Masih banyak hal yang tidak kuketahui tentang dunia blog saat ini. Ketinggalan berita. Proses pembelajaran saya melompat-lompat dan tidak kontinu, sehingga sampai sekarang saya bingung hendak apa di blog.
Salah satu hal yang masih teringat-ingat di benakku adalah saya melakukan ini semua untuk kesenangan. Kenapa harus memaksa diri saya sendiri untuk terlalu bergaul terlalu akrab dengan blog?

Bagaimana menurut Anda?

0 komentar:

Post a Comment