Menyerang dan Bertahan

13 December 2010

print this page
send email
Judul yang kupakai mungkin tidak tepat untuk menggambarkan apa yang ingin kujelaskan.

Dalam kamus bahasa Indonesia, ‘serangan’ memiliki kata dasar ‘serang’ yaitu mendatangi untuk melawan (melukai, memerangi, dst). Bisa juga disebut menyerbu. Ketika mendapat imbuhan ‘me’, maka ‘s’ dalam kata dasar ‘serang’ melebur menjadi ‘menyerang’.

Sementara, kata ‘tahan’ merupakan kata adjectiva (sifat) yang berarti ‘tetap pada keadaan (kedudukannya dsb) meskipun mengalami berbagai-bagai hal’; ‘kuat atau sanggup menderita (menanggung) sesuatu’; ‘dapat menyabarkan (menguasai) diri’. Ketika kata ‘tahan’ ini ditambahi imbuhan ‘ber’, maka menjadi ‘bertahan’. Dan kata ‘bertahan menjadi kata verb, yang memiliki arti ‘tetap pada tempatnya (kedudukannya dsb); tidak beranjak (mundur dsb)’.

Dari kedua kata, menyerang dan bertahan, aku tidak begitu setuju istilah bertahan mewakili pikiranku. Namun, aku kesulitan menemukan kata lain dari ‘bertahan’ ini. Jadi, tetap kupakai.

Strategi?! Itulah yang ingin kubicarakan. Dalam hal ini strategi tentang keuangan Anda…

Ibarat kata sebuah permainan catur, Anda harus mengatur bidak-bidak yang Anda miliki dalam satu kesatuan kekuatan yang tak bisa ditembus lawan dan tak bisa ditahan lawan. Artinya Anda harus memiliki dua rangkaian. Pertama, serangan. Kedua, pertahanan. Dua gerakan ini bisa dikombinasikan, tergantung level tingkatan permainan Anda. Jika Anda masih pemula, barangkali untuk mengaturnya sulit, karena Anda belum berpengalaman dan kurang pengetahuan (Anda bisa membaca terus dan mengupdate kemampuan Anda terus-menerus). Jika Anda berada dalam tahap professional, mungkin hal yang bisa Anda lakukan adalah jalan saja. Toh, Anda sudah mengetahui puluhan bahkan ratusan strategi yang bisa Anda kembangkan nanti setelah Anda jalan.

Yang ingin aku utarakan adalah jika Anda seorang middle-player. Hal yang diharuskan adalah mengamati permainan si professional terus-menerus. Bedah, kemudian cari celah, tutup, dan kemudian serang! Intinya Anda menyerang dalam posisi memperkuat barisan bidak catur Anda. Aku pernah dengar istilah dalam permainan sepak bola yaitu “pertahanan yang baik adalah serangan!”

Yap, harus diakui di sini bahwa mengatur keuangan pribadi berkait dengan strategi dalam dunia percaturan. Aku menyebutnya strategi ‘menyerang’ dan ‘bertahan’. Akan tetapi, aku pikir hal ini dicukupkan sampai di sini dulu. Soal bagaimana caranya menerapkan strategi ‘menyerang’ dan ‘bertahan’ ini akan dibahas lain waktu.

Demikian catatan aku sekarang ini…

0 komentar:

Post a Comment