Konstruksi Fondasi Sarang Laba-laba

20 February 2009

print this page
send email
Mendengar kata laba-laba, apa yang langsung terbayang di dalam kepala kita? Kebanyakan dari orang mengalihkan pikirannya menuju pelbagai hal yang memang terkenal. Spiderman. Pahlawan super pembela kebenaran, pembasmi kejahatan. Tarantula. Hewan mematikan dari Amerika dan Australia. Atau sarang laba-laba yang lemah dan mudah rusak itu. Memang semua bayangan itu tentu saja tak salah. Sebab, pikiran kita sudah familier dengan informasi semacam ini, sehingga ketika kata laba-laba disebutkan, segera saja pikiran kita melayang ke sana.

Tapi ini bukan bukan soal laba-laba dalam kapasitasnya sebagai binatang. Ini soal konstruksi fondasi laba-laba yang ditemukan oleh duo orang Indonesia tahun 1976 silam. Adalah dua orang Indonesia, Ir. Sutjipto dan Ir. Ryantori, yang menemukannya. Temuan ini berangkat dari sebuah penelitian sebagai solusi terhadap dilema yang selalu muncul, sewaktu merencanakan gedung berketinggian tanggung yang butuh fondasi dangkal—macam gedung berlantai satu sampai delapan.

Tersendatnya pembangunan sebuah gedung merupakan salah satu contoh masalah yang muncul dalam dunia konstruksi. Contoh lainnya ialah timbulnya dilema waktu merencanakan konstruksi yang dihadapkan pada keadaan tinggi atau berat gedung tanggung, daya dukung tanah permukaan rendah atau letak tanah keras cukup dalam. Diberi nama konstruksi sarang laba-laba atau disingkat KSLL karena bentuknya yang mirip sarang laba-laba. Sistem fondasi sarang laba-laba hasil karya bangsa Indonesia asli itu, tak hanya menjawab kebutuhan dunia teknologi konstruksi, dari sistem fondasi yang dari sisi ekonomis (segi biaya) murah. Dalam perhitungan, biaya bisa dihemat hingga 50 persen.

Dari sisi kecepatan waktu, sistem KSLL ini sangat efisien, sebab menerapkan prinsip ban berjalan sehingga pengerjaannya pun lebih cepat ketimbang sistem konstruksi lain. Selain itu sistem KSLL mempunyai multi guna.

Melalui berbagai studi dan diskusi, KSLL terus dikaji. Dari sebuah lokakarya di kota Bandung, Jawa Barat, mengukuhkan bahwa fondasi sarang laba-laba sebagai salah satu alternatif solusi fondasi, dapat dipertanggung jawabkan dan layak dikembangkan. Kini, lisensi untuk pemasaran sistem fondasi KSLL ini dipegang oleh PT. Katama Suryabumi.
Dari 1000 lebih bangunan yang menggunakan sistem KSLL ini, hingga saat ini belum terdapat bangunan yang mengalami keretakan berarti. Ini berarti KSLL memberikan stabilitas yang tinggi, meski terjadi guncangan. Risiko penurunan yang tidak merata, dapat dieliminasi sampai mendekati angka 0. Sistem ini mampu membuat tanah menjadi bagian dari struktur fondasi.

Sang penemu teknik fondasi sarang laba-laba ini, yaitu Ir. Sutjipto, berikut-berikutnya justru lebih populer sebagai politisi daripada populer di bidang konstruksi keahliannya. Pilihannya dalam berpolitik, telah mengantarkan lulusan Insitut Teknologi Surabaya (ITS) yang kemudian menemukan teknik fondasi sarang laba-laba, ini menjadi seorang politisi kaliber nasional. Ahli konstruksi yang temuannya antara lain dipakai di Bandara Hang Nadim, Batam, ini akhirnya lebih mengalir bicara politik ketimbang bidang konstruksi yang juga digelutinya.

Memang, kehidupan politik bisa jadi berawal dari keaktifannya berorganisasi sejak di SMA tahun 1964 yang terus berlanjut sampai ia kuliah di ITS Surabaya. Pada 1986, Sutjipto mulai terjun aktif di Partai Politik sampai mengantarkan pria kelahiran Trenggalek menduduki jabatan sekretaris jendral partai dan kemudian juga pernah dipilih sebagai Wakil Ketua MPR RI.
(Lilih Prilian Ari Pranowo)

1 komentar:

  1. tapi...
    sarang laba2 kan lemah.
    digoyang dikit aja runtuh.
    apalagi di sabet pake sapu...
    langsung ancur deh...

    :D

    ReplyDelete