Anda Punya Penyakit Kulit? Tumbuklah Alamanda

27 November 2012

print this page
send email
Allamanda Cathartica
Alamanda, yang dalam bahasa ilmiah dinamai Allamanda Cathartica, daunnya mengandung alkaloida. Alkaloida adalah golongan senyawa basa bernitrogen yang kebanyakan heterosiklik. Pada umumnya, banyak terdapat di tumbuhan.

Kulit batang, daun, dan buahnya mengandung saponin - sejenis glikosida yang berbentuk buih. Saponin juga banyak ditemukan dalam tumbuhan. Ketika saponin direaksikan dengan air dan dikocok, akan terbentuk buih yang bisa bertahan lama. Di samping itu kulit batangnya juga mengandung tanin dan buahnya mengandung flavonoida (senyawa kimia aktif yang dapat dijadikan obat penyakit hati) dan polifenol (zat kimia yang ditemukan pada tumbuhan yang memiliki sifat antioksidan).

Di Indonesia sendiri, Alamanda bisa ditemukan di kawasan 10-850 meter di atas permukaan laut. Biasanya yang dimanfaatkan untuk pengobatan adalah daunnya yang memiliki rasa pedas, pahit, hangat. Apabila dimakan, efeknya dapatkan mengakibatkan muntah atau melancarkan perut. Dalam memanfaatkannya pun alamanda tergolong cukup mudah. Berikut ini adalah resep untuk pengobatan penyakit kulit.

Resep Alamanda Penghilang Penyakit Kulit:

Bahan-bahan:
  • Daun Alamanda secukupnya

Cara membuat:
  • Tumbuk daun Alamanda hingga halus
  • Balurkan pada kulit yang terkena penyakit kulit

Aturan Pakai:
  • Pembaluran bisa dilakukan 2 kali sehari hingga penyakit kulit hilang

Catatan:
Alamanda memiliki getah beracun yang dapat membunuh belatung dan jentik nyamuk

0 komentar:

Post a Comment