Ramuan Adas, Pelancar Sembelit

27 November 2012

print this page
send email
Di Indonesia, Adas merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang kerap digunakan. Biasanya, tanaman herbal ini kita baca sebagai salah satu campuran minyak telon. Tanaman ini berasal dari Eropa Selatan. Kemudian, pembudidayaannya dilakukan di kawasan Asia, termasuk Indonesia karena banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari herbal ini. Pada tingkatan lokal, adas disebut dengan nama Hades (Sunda), Adhas (Madura), Wala Wunga (Sumba), dan lain-lain. Namun, dalam bahasa ilmiahnya disebut Pimpinella Anisum.

Adas menghasilkan minyak adas yang dibuat dari serbuk buah adas matang yang telah disuling. Ada dua rasa Adas, yaitu pahit dan manis. Senyawa kimia yang terkandung di dalamnya berupa minyak asiri 1-6%, anetol 50-60%, fenkon 20%, pinen, limonen, dipenten, felandren, metilchavikol, anisaldehid, asam anisat, dan minyak lemak 12%. Sementara, akar dan bijinya mengandung bergapten dan stigmasterin (serposterin). Adas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Selain, dipakai sebagai salah satu pembuat minyak telon untuk bayi, Adas punya manfaat lain yaitu melenyapkan penyakit rematik.

Rematik adalah penyakit kelainan pada sendi-sendi tubuh yang menimbulkan nyeri dan kaku pada sistem muskuloskeletal–baik itu sendi, tulang, jaringan ikat, dan otot. Penyebabnya banyak faktor, utamanya gaya hidup, imunitas, dan faktor genetika. Dari sekian ratus varian rematik, sebagian besar memang tidak membahayakan nyawa. Kalaupun toh ada yang menyebabkan kematian, itu sangat jarang sekali terjadi. Namun, ibarat kata sebuah slilit pada gigi, rematik cukup mengganggu. Apalagi, ketika kumat.

Sebenarnya, untuk mengobati rematik, bisa juga digunakan berbagai jenis tanaman herbal lain, seperti Seledri, putri malu, atau Brotowali. Hanya saja, tanaman herbal itu mungkin kita bahas lain waktu, karena kita akan menggunakan ramuan sebagai berikut.

Resep ada lancarkan sembelit

Bahan-bahan:
  • 3 butir Adas
  • 3 lembar daun muda jambu biji
  • ½ jari kulit batang pulosari
  • 2 gelas air

Cara membuat:
  • Rebus semua bahan-bahan tadi, hingga tersisa 1 gelas.
  • Angkat, saring, dan minum.

Aturan Pakai:
  • Minum 1 kali sehari 1 cangkir

0 komentar:

Post a Comment