Menjaga Pengunjung Agar Betah di Blog Anda

04 June 2011

print this page
send email

Ada beberapa cara yang telah saya pelajari perihal menahan pengunjung agar betah lama-lama di blog Anda. Cara ini gampang-gampang sulit untuk diterapkan, namun jika berhasil efeknya lumayan besar juga. Mau tahu?
Seperti kita ketahui, blog ada salah satu wadah bagi manusia untuk mendapatkan informasi. Jika, pada zaman belum secanggih sekarang, cara manusia mendapatkan informasi adalah dengan membaca buku atau membaca koran. Maka, semua sudah berubah! 

Ada pepatah menyebutkan: "Ilmu yang dimiliki takkan berguna jika tak dibagi." 

Berawal dari situ, maka ketika kita ingin blog kita ramai, setidak-tidaknya walaupun sepi, pengunjung yang datang bisa bersetia membaca tulisan yang kita sampaikan sampai akhir. Intinya, kita memiliki tujuan untuk apa kita membuat blog. Tujuan itu akan menjadi kunci sukses dan akan membuka beberapa hal-hal teknis lainnya. Seperti bagaimana caranya, bagaimana strateginya.

Dan satu lagi: Anda harus berkomitmen dengan diri Anda sendiri!

Saya takkan menyampaikan informasi tentang menjaga pengunjung agar betah di blog ini dengan list, karena saya membenci hal itu. Kesannya penulis blog terlalu mendiktekan apa yang ingin disampaikannya. Yang ingin saya tekankan adalah tetap jaga kualitas blog Anda. Jika blog Anda berisi hal-hal yang informatif, tetaplah bersetia dengan tema tersebut. Jika blog Anda berisi hal-hal yang sifatnya pribadi (curahan hati online), ya tetap pula bersetia dengan tema tersebut. 

Saya sendiri dalam mengelola blog ini, setidaknya lima tahun baru menemukan cara untuk mengisi content ini dengan apa-apa saja. Jika Anda memerhatikannya, ya benar, blog ini tidak memiliki spesifikasi khusus tentang tema yang diusung. Melainkan sesuai dengan kebutuhan saya sebagai seorang manusia. Bisa dibilang ini blog pribadi yang mengusung curahan hati saya sebagai pengelolanya. Di samping, tetap memberikan satu informasi yang, mudah-mudahan, bermanfaat bagi orang lain. Itu saja.

0 komentar:

Post a Comment